Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Burung Murai di Jombang Diringkus Polisi

  • Whatsapp
Screenshot video tersangka saat beraksi di TKP.

JOMBANG, TelisikPos.com – Terekam kamera pengintai atau saat mencuri empat ekor burung murai, Nyoto, pria asal Desa Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, digelandang ke Polsek Ngoro, Jombang, Rabu (15/1/2020).

Aksi pencurian ini terjadi di rumah milik Juni Aripriyanto, warga Dusun Plemehan, Desa Banyuarang, Kecamatan Ngoro, pada Sabtu , 11 Januari 2020 lalu. Hanya saja, pria bertubuh kurus ini tak menyadari jika aksinya di siang bolong itu terekam CCTV yang terpasang di rumah korban.

Bacaan Lainnya

Salah satu kerabat korban, Nur mengatakan, sehari sebelumnya tepatnya Jumat (10/1) malam, tersangka sempat datang ke rumah Juni di Dusun Plemahan, dan berpura-pura hendak membeli burung milik korban. Kepada Juni, tersangka mengatakan akan kembali lagi dua hari lagi dan langsung mengajak pembelinya.

“Ya jum’at mert mu , alasan adikya mau beli burung, teros bilang senin ae tak mriki, teros bilang lagi, sloso ae mas, gk sido senin, senin2 dino ne elek. Teros sabtune mencurine (Senin saja tak kesini, lalu bilang lagi selasa saja mas gak jadi senin, senin hari jelek),” terang Nur, melalui pesan singkat WhatsApp.

Namun, ternyata diam-diam tersangka pada Sabtu pagi mengambil empat ekor burung di rumah korban tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Dalam rekaman CCTV, masih kata Nur, tersangka diketahui masuk rumah sekitar jam 10.00 WIB, dengan cara membuka pintu belakang rumah korban dan memgendap-endap. Setelah berhasil masuk, tersangka lalu mengambil empat ekor burung murai dan keluar lagi melalui pintu yang sama.

“Yang mertamu (bertamu) dan yang di dalam rekaman CCTV itu orangnya sama,” imbuhnya.

Korban yang mengetahui empat ekor burung murai senilai hampir Rp 20 juta miliknya raib, mencoba melacak aksi pencurian itu melalui hasil rekaman CCTV di rumahnya. Bermodal rekaman kamera pengintai ini, korban akhirnya melaporkan kejadian yang menimpanya ini ke Polsek Ngoro.

Kapolsek Ngoro, AKP Lely Bahtiar membenarkan laporan tersebut. Lely mengatakan, dari laporan tersebut, pelaku langsung berhasil ditangkap di rumahnya. Dan kasus ini dilimpahkan ke Polres Jombang untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Tersangka mengakui semua perbuatannya. Tersangka merupakan seorang residivis yang sudah beberapa kali masui bui dengan kasus sama,” kata Lely Bahtiar.

Meski empat ekor burung murai itu sudah dijual kepada orang lain, beruntung, tiga diantaranya berhasil ditemukan dan dikembalikan kepada pemiliknya. Namun, yang satu ekor hingga saat ini masih terus dalam pencarian polisi.

“Tersangka terancam dijerat dengan pasal tentang pencurian,” pungkas Lely. (les/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *