Angin Kencang Terjang Jombang, Sejumlah Lapak PKL Stadion Rusak dan Pohon Tumbang

  • Whatsapp
Lapak PKL depan stadion Jombang, rusak diterjang angin kencang.

JOMBANG, TelisikPos.com – Hujan deras disertai angin kencang, melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu (30/11/2019) sore.

Tiupan angin kencang ini, mengakibatkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan. Selain itu, juga berakibat pohon tumbang.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang menyebutkan, terdapat tiga desa di Kecamatan Sumobito, diterjang angin kencang.

“Hujan deras dan angin kencang, terjadi di Jombang sekitar dua jam-an. Ini terjadi di tiga desa wilayah kecamatan Sumobito, yakni desa Nglele dan dua desa lagi. Kami masih melakukan pendataan,” ungkap Abdul Wahab, Plt Kepala BPBD Jombang, Sabtu (30/11/2019) sore.

Selain di wilayah kecamatan Sumobito, angin kencang juga menerjang di kawasan Stadion Merdeka Jombang, Jalan Gus Dur. Di lokasi ini, sejumlah fasilitas lapak pedagang kali lima (PKL) yang berada di depan stadion, dilaporkan rusak.

Atap dan besi penyangga lapak PKL, roboh. Ada juga atap lapak yang terbalik. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Karena begitu angin mengamuk para pedagang langsung menyelamatkan diri.

“Ada tujuh lapak yang rusak. Atap lapak kami terbalik. Kejadiannya sangat cepat,” ujar Tarsi (67), pedagang bakso yang lapaknya berantakan.

Sementara dekat stasiun Jombang, sebuah pohon besar tumbang dan melintang hingga menutup jalan Basuki Rahmat, akibat ditiup angin kencang.

Tak ayal, kejadian sekitar pukul 13.30 WIB itu, mengakibatkan jalan jurusan Jombang – Nganjuk ini mengalami macet panjang. Beruntung, tidak ada pengguna jalan yang tertimpa tumbangnya pohon tersebut.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Jombang, Gunadi mengatakan, setelah pihaknya mendapat laporan sekitar pukul 13.59 WIB, tim dari BPBD Jombang dan PLN menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

“Estimasi penanganan sekitar 40 menit, melibatkan 5 personil BPBD dan PLN untuk mengevakuasi pohon tumbang, dan membuat kemacetan lalu lintas. Untuk korban jiwa dan materiil, nihil,” terang Gunadi.

Hingga saat ini, petugas masih melakukan pendataan terkait jumlah rumah warga dan total kerugian akibat kejadian ini. “Kasih kami menginventarisir,” pungkasnya. (rud/tp)

Pohon besar tumbang dan melintang di jalan Basuki Rahmad, Jombang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *