Bakar Sisa Tanaman Jagung, Api Amuk Barongan Bambu di Kediri

  • Whatsapp
Petugas saat berupaya memadamkan api yang melalap barongan bambu, di lokasi kejadian.

KEDIRI, TelisikPos.com – Barongan bambu di area persawahan Desa Wonotengah, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, diamuk si jago merah, Senin (28/10/2019) sekitar pukul 08.00 WIB.

Informasi yang dihimpun TelisikPos.com di lokasi, kebakaran ini terjadi diduga berasal dari api yang membakar sisa-sisa tanaman jagung setelah dipanen. Sebelumnya, sisa dahan dan daun jagung itu ditumpuk, kemudian dibakar.

Bacaan Lainnya

Saat dibakar, pekerja bagian bersih-bersih sawah milik H Agung, warga setempat ini, sempat menunggu di sekitar lokasi. Dikira api sudah padam lantaran sisa tanaman jagung habis, mereka pun pulang.

Namun, selang beberapa saat api kembali menyala. Hembusan angin dan sejumlah tanaman di sekitar lokasi tampak mengering akibat musim kemarau, membuat api dengan cepat membesar, hingga melalap barongan bambu yang terletak tak jauh dari area sawah.

Warga yang mengetahui hal ini, langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Mereka khawatir, api tambah membesar dan merembet ke gedung sekolah dasar (SD) di dekat situ.

Polisi yang mendapat laporan, segera tiba di lokasi kejadian dan menghubungi pihak pemadam kebakaran. Amukan api bisa dijinakkan, setelah dua unit mobil Damkar dari Pemkab Kediri tiba di lokasi.

“Kebakaran terjadi berawal dari sisa pembakaran tanaman jagung (tebon) di sawah milik H Agung. Tak terduga, api kembali menyala setelah dirasa sudah padam oleh pekerja. Dan kini, api sudah bisa dipadamkan,” ujar Aiptu Didik, Babinkamtibmas setempat. (pras/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *