Dua Ekor Sapi Milik Warga di Probolinggo Raib Digondol Maling

Miskan (50) warga Dusun Bintaos, Desa Kedungsumpit, Kecamatan Wononerto, Kabupaten Probolinggo, saat menunjukkan kandangnya yang sudah tidak ada dua sapinya.

PROBOLINGGO, TelisikPos.com – Dua ekor sapi milik Miskan (50) warga Dusun Bintaos, Desa Kedungsumpit, Kecamatan Wononerto, Kabupaten Probolinggo, raib digondol kawanan pencuri, Jumat(18/6/2021) dini hari.

Kepada sejumlah wartawan, Minggu (20/6/21) siang, Miskan membenarkan, kalau sapinya hilang. Menurutnya, dari tiga ekor hewan sapinya, hanya dua atau sepasang yang dibawa kabur. Sedang seekor anakannya yang lahir 15 hari lalu, ditinggal di dalam kandang alias tidak dicuri.

Miskan menyebut, dari 2 ekor sapi yang hilang, salah satu milik Miskan, sedangkan satu ekor lagi milik saudaranya yang dititpkan. Sepasang sapi yang ditaksir seharga Rp 35 juta itu hilang antara pukul 01.00 WIB sampai menjelang subuh, sekitar pukul 04.00 WIB. Mengingat, pada pukul 00.00 WIB korban masih melihat sapinya berada di kandang.

“Pukul 00.00 masih ada. Biasanya, jam segitu saya beri pakan,” ujarnya.

Dia menuturkan, usai memberi pakan tengah malam, dirinnya masuk ke rumahnya dan tidur di kamar dekat kandangnya. Kemudian, korban bangun dan mempersiapkan diri untuk salat subuh. Saat itulah, dia mengetahui jika sapinya hilang.

“Saya lihat 2 ekor sapi sudah tidak ada di kandangnya. Hanya anaknya yang nggak diambil,” katanya.

Tahu sapinya tidak ada di kandang, Miskan berusaha mencari bersama warga berikut keluarganya. Mereka juga melacak keberadaan sapinya dengan cara mengikuti jejak kaki sapi.

Dimungkinkan, sapi dibawa kabur ke arah barat oleh pelaku. Saat ditelusuri, jejak kaki sapi hilang di perbatasan Desa Pohsangit Lor dengan Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih.

Diduga, jejak sapi hilang karena telah dioper atau dialihkan ke kendaraan oleh pelaku. Akibatnya, korban kesulitan mendeteksi keberadaan sapinya, sehingga merekapun menghentikan pencariannya.

“Nggak ketemu, soalnya jejak kakinya hilang. Sepertinya sapi saya diangkut kendaraan,” tambahnya.

Terpisah,. Kapolsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota, Iptu Agus Wahyono mengatakan, korban belum melaporkan kejadian tersebut. Meski begitu, pihaknya akan mendatangi rumah korban.

“Tiap hari kita berpatroli ditempat-tempat rawan pencurian. Perlu ada sinergitas antara polisi dan warga,” ujarnya. (mo/tp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.