Duwet atau Jamblang, Buah Langka yang Kaya Khasiat

  • Whatsapp
Buah Duwet / Jamblang.

SIAPA sih yang tidak tahu buah Duwet (dikenal orang Jawa dengan sebutan Juwet) atau jamblang ? Buah ini kini terbilang langka, berwarna ungu kehitam-hitaman berbentuk lojong. Rasanya sedikit asam dan terasa manis kalau buah sudah berwarna kehitam-hitaman.

Dulu, buah ini kerap ditemukan di kebun, pekarangan, atau di pinggir jalan. Saat ini, keberadaannya diburu khalayak, karena khasiat dan manfaatnya pada tubuh. Bahkan, buah duwet ini diburu dan kembali dijual oleh para pedagang.

Lantas, tahukah Anda, apa saja manfaat buah duwet bagi tubuh.

1. Baik bagi pencernaan sekaligus mengatasi sembelit

Siapa sangka, buah duwet mengandung serat yang bisa mengatasi sembelit. Kamu bisa menemukan 0,9 gram serat dalam 100 gram buah duwet. Bahkan, jus buah duwet dan kulit duwet bisa dijadikan obat tradisional ketika ada pendarahan usus.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Di dalam 100 gram buah kecil berwarna ungu kehitam-hitaman ini, terkandung beragam nutrisi. Kamu bisa menemukan 1,7 mg zat besi, 16 mg kalsium, 16,7 mg pospor, dan 36 mg magnesium. Makanya, buah duwet baik bagi kesehatan gigi dan tulang.

3. Membantu pembentukan sel darah merah

Karena kandungan zat besinya, buah duwet wajib dikonsumsi bagi Anda yang menderita anemia. Cukup mengonsumsi 100 gram buah duwet sehari, sudah bisa memenuhi kebutuhan sel darah merah di tubuhmu kok.

4. Baik untuk kesehatan mata

Dalam 100 gram buah duwet, Anda bisa menemukan 81 IU vitamin A. Jika kamu gak doyan wortel, kamu bisa menjadikan buah duwet sebagai alternatif untuk mengurangi minus di mata.

5. Mengatasi batuk

Gak perlu buru-buru beli obat ketika terserang batuk. Kamu bisa mengobatinya dengan duwet segar dan madu. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, bisa melawan bakteri penyebab utama batuk.

6. Baik bagi penderita diabetes

Biji buah duwet juga bermanfaat bagi penderita diabetes, karena bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Caranya, tumbuk 3 biji buah duwet hingga halus, lalu campurkan 3 gelas air. Didihkan lalu uapkan hingga tersisa satu gelas cairan. Minum ramuan ini selagi masih hangat, Anda bisa mengonsumsinya 2 kali sehari.

7. Atasi sakit kepala atau pusing

Zat astringen yang ada di dalam buah duwet terbukti ampuh menyembuhkan sakit kepala. Kamu bisa menjadikan buah segar ini sebagai kudapan, supaya pusing di kepala segera hilang.

8. Meningkatkan nafsu makan

Jika perut terasa begah dan tak nyaman, tentu nafsu makan pun bakal lenyap. Nah, supaya nafsu makan kembali ada, Anda bisa mengonsumsi 50 gram buah duwet segar yang dicampur dengan madu dan air. Ramuan ajaib ini akan membuat perut kembali nyaman dan meningkatkan nafsu makan.

9. Menjaga kesehatan jantung dan limpa

Masyakat Tiongkok dan India juga menggunakan ramuan jus buah duwet dengan madu. Ramuan ini ampuh mengatur hormon sehingga limpa berfungsi dengan benar. Selain itu, anda juga bisa membuat ramuan lain dengan 50 gram buah duwet (pisahkan dari bijinya) yang dihaluskan dengan 3 sendok makan (sdm) madu.

10. Menangkal radikal bebas dan mencegah kanker

Senyawa flavonoid bisa ditemukan di dalam buah duwet. Senyawa ini terbukti ampuh melindungi tubuh dari radikal bebas. Sehingga tubuh bisa terhindari dari kanker, tumor, dan masalah jantung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *