Ini Sejumlah Alasan Mengonsumsi Buah Mangga, Apa Saja?

  • Whatsapp
Buah mangga.

SEMUA buah-buahan memiliki banyak kebaikan bagi kesehatan, tidak terkecuali buah mangga. Buah yang kaya serat ini memang tak pernah diacuhkan oleh orang-orang. Kesegaran buahnya yang menggoda kerapkali membuat orang suka mengonsumsinya.

Terlebih saat musim mangga datang, hampir semua toko buah menghiasi raknya dengan tumpukan buah mangga. Selain rasanya enak, buah mangga memang memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Mae Chan, seorang Nutrisionis dan Fisiolog, menjelaskan alasan perlunya mengonsumsi buah mangga setiap hari dalam lansirannya di Health Impact News. Berikut ulasannya.

1. Membersihkan kulit wajah

Menurut Mae Chan, buah mangga dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuat wajah lebih segar. Selain dengan cara dikonsumsi secara rutin, gunakan juga untuk perawatan di luar. Caranya cukup mudah. Irislah buah mangga tipis-tipis kemudian tempelkan pada wajah selama 10 sampai 15 menit. Akhiri dengan mencuci wajah hingga bersih.

2. Menurunkan berat badan

Mangga kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lain yang dapat membantu perut mudah kenyang. Buah ini memiliki peran dalam mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Memiliki sifat alkali

Alkali memliki peran yang vital dalam menjaga kelancaran proses pencernaan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Nah, buah mangga mengandung asam tartarat, asam malat dan asam sitrat yang memiliki peran dan fungsi layaknya alkali tubuh.

4. Mengontrol gula darah

Mangga memiliki kadar glikemik yang rendah, yaitu sekitar 41 sampai 60, sehingga tak akan meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Namun begitu, Amda perlu memeriksa kadar gula darah agar konsumsi mangga tetap aman bagi tubuh.

5. Meningkatkan gairah seksual

Kabar gembira bagi para pria nih. Buah mangga, dapat meningkatkan gairah seksual khususnya pada pria. Mangga memiliki kandungan vitamin E yang cukup melimpah. Vitamin ini dapat membantu mengontrol hormon seksual baik pada pria maupun wanita.

6. Menyehatkan mata

Yang satu ini juga tidak kalah penting untuk diketahui. Buah mangga kaya sumber vitamin A. Dalam satu cangkirnya, buah ini dapat menyumbangkan kebutuhan vitamin A harian hingga 25 persen. Vitamin A memiliki peran yang amat penting untuk menjaga kesehatan mata.

7. Melancarkan pencernaan

Selain serat, mangga mengandung enzim yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Serat alami yang terkandung dalam mangga dapat berperan sebagai probiotik, sehingga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan.

8. Mengatasi dehidrasi

Sifat buah mangga yang kaya air, membuat buah ini cocok dihidangkan saat cuaca panas. Buatlah jus mangga segar, tambahkan sedikit gula atau madu serta air secukupnya. Hidangkan selagi dingin, agar dehidrasi pada tubuh dapat berangsur-angsur membaik.

9. Menjaga daya tahan tubuh

Alasan lain perlunya mengonsumsi mangga, yaitu karena kaya vitamin C dan 25 jenis karotenoid. Sumber nutrisi ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah mengalami sakit.

10. Menjadi scrub wajah

Bagi Anda yang ingin memiliki wajah mulus bebas jerawat, manfaatkan mangga ini untuk menggosok wajah secara rutin. Mae Chan memberikan resep, yakni dengan mencampurkan tumbukan mangga, madu dan susu. Setelah seminggu, rasakan perbedaannya.

11. Pilihan camilan sehat

Daripada makan menghabiskan waktu luang dengan ngemil snack yang tak jelas gizinya, mendingan mengonsumsi buah mangga yang sudah jelas nutrisi dan manfaatnya. Amda dapat langsung memakan buah ini atau membuatnya menjadi jus buah yang menyehatkan.

Dengan sejumlah manfaat yang terkandung pada buah Mangga, Anda masih ragu untuk mengonsumsi buah mangga setiap hari?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *