Jelang HUT Bhayangkara ke-75, Warga Ingin Vaksin di PMI Kota Probolinggo Membludak

  • Whatsapp
Suasana warga yang ingin disuntik vaksin Covid-19 di PMI Kota Probolinggo, Sabtu (26/6/2021).

PROBOLINGGO, TelisikPos.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Probolinggo, Jawa Timur, menggelar vaksinasi gratis, Sabtu (26/6/2021). Lantaran membludak, sebagian pesertanya diminta melakukan vaksin di Puskesmas terdekat.

Saat dikonfirmasi, Ketua PMI Kota Probolinggo, Mega Guntara membenarkan, kalau warga yang vaksin di kantornya membludak. Bahkan, ia sempat ke Mapolres Probolinggo Kota, melaporkan kondisi dan situasi vaksin yang digelar di kantornya.

Hasilnya, sebagian peserta diminta vaksin di Puskesmas terdekat dan penjagaan diperketat, agar menghindari kerumunan. Disebutkan, penyelanggara vaksin gratis ini bukanlah PMI, melainkan Polres Probolinggo Kota, dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-75.

Menurutnya, sebelum diminta vaksin ke Puskesmas, peserta yang kepingin vaksin di PMI sekitar 500-an. Kemudian tinggal separuh, setelah peserta dengan kesadaran meninggalkan lokasi untuk vaksin di puskesmas terdekat atau di tempat lain. “Akhirnya, vaksin lancar dan tidak ada kerumunan,” ujarnya.

Selain menghindari jarak, peserta yang membludak juga mengganggu arus lalu lintas di Jalan Raya Soekarno Hatta. Mengingat, tempat parkir sempit dan petugas PMI tidak memadai. Sedangkan peserta, ada yang sampai menunggu giliran di utara jalan. Selain itu, tidak sedikit kendaraan roda dua milik peserta parkir di tepi jalan.

“Vaksinnya di selatan jalan. Peserta banyak yang menyeberang jalan untuk menunggu giliran. Kami menjaga keselamatannya. Makanya, kami minta ke Polresta untuk dipecah atau dibagi,” jelasnya.

Terpisah, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari membenarkan, kalau vaksinasi dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75. Temanya, Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju, Polri bersama dengan TNI serta Pemerintah Daerah (Pemda).

Kegiatannya bertajuk serbuan vaksinasi nasional tersebut dilaksanakan serentak. Disebutkan, di seluruh Indonesia ada 4.838 titik, meliputi seluruh gedung Polda, Polres/Polrestabes, Polsek seluruh jajaran, GOR, Stadion, Terminal, Alun-alun Kabupaten/Kota, Pendopo Kabupaten/Kota, Balai Desa, Puskesmas, Kantor Kecamatan hingga di area parkir mall ataupun hotel.

Melibatkan 54.482 vaksinator, dengan target 1.258.556 orang yang divaksin. Dikatakan, Polres Probolinggo Kota turut ambil bagian dalam vaksinasi massal serentak tersebut di 15 titik.

RM Jauhari mengatakan, masyarakat bisa langsung datang ke titik-titik yang sudah ditentukan. Syaratnya, hanya membawa e-KTP dan Handphone yang bisa menerima SMS notifikasi.

Vaksinasi massal lanjut kapolresta upaya Polresta mendukung program Kapolri 1 juta vaksin 1 hari. Selain di Urkes Polres, warga bisa melaksanakan kegiatan vaksin di Kantor Samsat, kantor Satpas, seluruh Puskesmas. Selain itu bisa juga vaksin di Pustu Mayangan, Pustu Sumbertaman, Pustu Curahgrinting, PMI , Kimia Farma serta RS. Darma Husada.

Menurutnya, target masyarakat yang divaksin hari ini 3.847 orang.Sedang kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

“Vaksinasi ini merupakan satu di antara strategi Pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19. Tapi yang terpenting masyarakat tetap taat menerapkan protokol kesehatan (prokes)”, jelasnya. (mo/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *