Karyawan SPBU di Tulungagung Diperas, Modusnya Ngaku Wartawan dan Polisi

  • Whatsapp
Kedua pelaku pemerasan karyawan SPBU, saat diamankan di Polsek Tulungagung Kota.

TULUNGAGUNG, TelisikPos.com – Mengaku sebagai anggota Buser Polda Jawa Timur dan wartawan, dua orang ini nekat memeras karyawan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Alhasil, keduanya diringkus petugas PolsekTulungagung Kota.

Keduanya yakni Rudiyanto (51), warga Desa Gendingan, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung, dan Juliyanto (24) warga Kelurahan Bangsal, Kota Kediri.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Tulungagung Kota, Kompol Rudi Purwanto mengatakan, penangkapan dua pelaku tersebut, berawal dari mereka mendatangi SPBU di Tulungagung.

Di lokasi, dua pelaku ini memberitahu kepada karyawan tersebut, jika terdapat kecurangan dalam penjualan BBM di tempatnya bekerja.

Kemudian, mereka mengancam kepada korban akan diproses hukum di kantor polisi setempat.

“Satu pelaku berperan sebagai wartawan yang menanyakan perihal pengisian BBM, satu lagi sebagai anggota Buser untuk mengintimidasi korban,” ujarnya, Kamis (14/11/2019).

Agar tidak dibawa ke jalur hukum, pelaku memberi syarat yakni meminta uang Rp 5 juta kepada korban. Karena merasa tertekan, korban pun menyerahkan uang sebesar Rp 3 juta.

“Proses penyerahan uang ini dilakukan di sebuah lapangan,” sambung Kapolsek.

Usai menyerahkan uang tersebut, korban yang geram dengan ulah kedu pelaku, kemudian melaporkan ke polisi.

Dari laporan itu, polisi segera melakukan penyelidikan, hingga akhirnya berhasil menangkap keduanya.

“Dari hasil pemeriksaan, kedua pelaku diketahui sering memeras di beberapa SPBU di Tulungagung. Juga melakukan aksi yang sama di Ponorogo, hingga Gresik, dengan menggunakan modus yang sama,” katanya.

Selain mengamankan dua pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa, uang tunai Rp 3 juta, serta kendaraan terdiri dari sebuah mobil dan motor yang digunakan untuk memeras korban.

“Mereka dijerat pasal 368 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara,” pungkas Rudi Purwanto. (tri/jan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *