Kunjungi Jombang, Ketua DPD RI Tekankan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Kawasan Wisata Religi

  • Whatsapp
Ketua DPD RI, La Nyalla saat berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari, KH A Wahid Hasyim, dan Gus Dur di kompleks makam Ponpes Tebuireng.

JOMBANG, TelisikPos.com – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), La Nyalla M Mattalitti melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jombang, Rabu (25/12/2019). Di kota santri ini, La Nyalla berziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) sekaligus pahlawan nasional di Jombang.

Dengan mengenakan kemeja warna biru dan peci hitam, La Nyalla tiba di Ponpes Tebuireng bersama rombongan, termasuk ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jombang Joko Herwanto, dewan pertimbangan Fathurrohman (Gus Fathur), dan sejumlah pengurus Kadin Jombang.

Bacaan Lainnya

Setelah disambut ketua pengurus Ponpes Tebuireng, La Nyalla langsung menuju komplek makam, dan khusyuk berdoa di makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari, KH A Wahid Hasyim dan Persiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), berbaur dengan ratusan peziarah lain.

Usai berziarah, La Nyalla mengatakan, dengan berziarah, sebagai generasi penerus pembangunan, setidaknya bisa meneladani kiprah serta perjuangan para ulama dan pendiri bangsa.

“Ini adalah bagian dari mendoakan beliau-beliau. Kita bisa menggali inspirasi yang tak akan pernah habis dari beliau-beliau para kekasih Allah, bagaimana perjuangan beliau-beliau, bagaimana cinta beliau kepada umat,” ujar LaNyalla.

Menariknya, usai berziarah ke makam di kompleks makam Ponpes Tebuireng, ketua DPD RI ini menyempatkan singgah ke lapak para pedagang di area makam Gus Dur.

Menurut La Nyalla, ziarah telah menjadi bagian dari wisata religi yang bisa memberdayakan ekonomi umat. Karenanya, pengembangan wisata religi, harus terus dilakukan.

“Ziarah tidak hanya menjadi oase bagi iman kita, tapi juga memandirikan ekonomi umat. Tentunya harus diiringi pemberdayaan para pedagang, UMKM yang ada di sekitar lokasi makam para kekasih Allah,” kata La Nyalla.

Sementara ketua Kadin Jombang, Joko Herwanto, menyambut positif upaya DPD RI dalam pemberdayaan ekonomi umat di Kabupaten Jombang. Menurutnya, Kadin Jombang sebagai wadah para pelaku usaha di Kota Santri, senantiasa bersedia menjadi garda depan dan tumpuan pemberdayaan dan pengembangan.

“Saat ini, kita masih merumuskan beberapa inovasi terkait pemberdayaan dan pengembangan pelaku usaha, termasuk IKM dan UMKM di Jombang. Dengan kunjungan ketua DPD RI kali ini, kita juga banyak mendapat masukan dalam rangka peningkatan ekonomi umat,” ucap Joko di sela-sela mendampingi kunjungan DPD RI.

Selain berziarah ke Ponpes Tebuireng, La Nyalla juga berkunjung ke Ponpes Darul Ulum Rejoso Peterongan, dan berziarah ke makam KH Wahab Hasbullah di Ponpes Tambakberas. (fan/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *