Malam Idul Fitri, Jumlah Kumulatif Positif Corona di Jombang Jadi 35 Kasus

  • Whatsapp
Grafik jumlah kumulatif pasitif Corona di Kabupaten Jombang, update Sabtu (23/5/2020) pukul 16.00 WIB.

JOMBANG, TelisikPos.com – Hari terakhir puasa Ramadan atau malam hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jombang melonjak tajam. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Sabtu (23/5/2020) pukul 16.00 WIB, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif Corona meningkat menjadi 35 kasus, dari sebelumnya 28 kasus.

Jubir Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang, Budi Winarno membenarkan, penambahan 7 pasien terkonfirmasi positif Corona pada Sabtu (23/5). Dengan tambahan 7 kasus tersebut, kini jumlah kumulatif positif Covid-19 di Kota Santri menjadi 35 orang.

Meski begitu, Budi mengaku belum memiliki data secara rinci data ketujuh pasien tersebut, dan dari klaster mana. “Maaf, kami belum ada datanya,” singkatnya.

Dari data Dinkes Jombang tersebut, ketujuh pasien positif Corona yakni tambahan 2 di Kecamatan Jombang, Dan tambahan masing-masing 1 pasien di Kecamatan Sumobito, Tembelang, Ngoro, Gudo, dan Jogoroto.

Atau secara kumulatif 35 pasien tersebut tersebar di Kecamatan Jombang berjumlah 7 pasien, Sumobito 6 pasien, Diwek 5 pasien, Tembelang 3 pasien. Sedangkan untuk Kecamatan Ngoro, Gudo, Kesamben, Ploso, dan Jogoroto masing-masing berjumlah 2 pasien, serta masing-masing 1 pasien di Kecamatan Peterongan, Kabuh, Ngusikan dan Bandar Kedungmulyo.

Sejumlah 35 pasien tersebut, 30 di antaranya sedang menjalani perawatan dan isolasi mandiri, yakni 11 pasien dirawat di RSUD Jombang, 6 di RSUD Ploso, 2 di RSK Mojowarno, 9 isolasi mandiri, 1 di RS Royal Surabaya, dan 1 pasien dirawat di RS Husada Utama Surabaya.

Sementara 5 sisanya, 4 di antaranya dinyatakan sembuh yakni 1 orang di Kecamatan Jombang, 2 orang di Kecamatan Diwek, dan 1 orang di Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Dan 1 lainnya meninggal dunia

Sebelumnya, Budi Winarno menjelaskan, adanya pengurangan satu orang yakni pasien ke-27 yang sebelumnya tercatat warga asal Kecamatan Diwek dan dirawat di RSU Petrokomia Gresik. Catatan ini tercantum pada Data Dinkes, pada Kamis (21/5/2020) pukul 14.00 WIB.

“Perubahan tersebut dari hasil tracing, yang menunjukkan pasien tersebut berdomisili di Kabupaten Gresik. Otomatis data berubah menjadi kasus di Kabupaten Gresik,” paparnya, Jumat (22/5/2020).

Namun demikian, pada Jumat (22/5/2020), ada penambahan 2 pasien terkonfirmasi positif Corona. Budi Winarno merinci, yakni satu warga dari Kecamatan Ngoro yang saat ini dirawat di Rumah Sakit di Surabaya.

Dan satu orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kecamatan Jombang. “Sebelumnya yang bersangkutan berstatus PDP dan kini dirawat di RSUD Jombang. Jadi yang ini pasien positif Corona ke-28,” jelas Budi, Jumat (23/5/2020) kemarin. (an/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *