Napi Kasus Narkoba Tewas Gantung Diri di Lapas IIB Jombang

  • Whatsapp
Napi kasus narkoba tewas gantung diri di Lapas Jombang
Jenazah korban saat dievakuasi petugas dari lokasi kejadian.

JOMBANG, TelisikPos.com – Seorang warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) IIB Jombang, berinisial RA (25) ditemukan tewas gantung diri di dalam ruang sel blok A3, Jumat (12/6/2020) pukul 15.15 WIB. Peristiwa ini, sempat menghebohkan penghuni lapas lainnya.

Diperoleh informasi, RA merupakan warga Jalan Adi Sucipto Desa Sambongukuh, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Dia adalah narapidana kasus narkoba yang divonis 6 tahun oleh Majelis Hakim, dan menjalani masa tahanan selama satu tahun serta menepati kamar sel blok B7, tak jauh dari lokasi kejadian.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Jombang Kota, AKP Moch Wilono mengatakan, dari keterangan sejumlah saksi, korban pada Jumat itu sekitar pukul 14.00 WIB, bermain ke kamar sel blok A3 dan tidur-tiduran di sana. Sekitar pukul 14.45 WIB, semua warga binaan pergi ke musala Lapas untuk melaksanakan salat Asar.

Namun, pada pukul 15.15 WIB, sejumlah penghuni sel A3 yang balik dari musala mendapati jendela sel tertutup. Curiga dengan kondisi itu, mereka pun masuk kamar dan didapati korban sudah dalam posisi tergantung.

“Dimungkinkan, korban nekat gantung diri saat kondisi kamar sel sepi ditinggal ke musala. Korban tergantung dengan kain sarung yang diikatkan ke jeruji besi jendela sel,” kata Moch Wilono, Sabtu (13/6/2020).

Korban nekat mengakhiri hidupnya, lanjut Moch Wilono, diduga dipicu rasa malu korban menjadi narapidana kasus narkoba. Selain itu, korban selama ini juga dikabarkan memiliki banyak utang kepada rekan-rekan sesama penghuni lapas lainnya. Namun, selama ini korban masih tidak mampu melunasi utangnya.

Selanjutnya, setelah keluarga korban berkoordinasi dengan pihak Lapas, jenazah korban akhirnya diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan. Pihak keluarga, lanjut Moch Wilono, tidak bersedia dilakukan autopsi dan menerima kejadian tersebut merupakan musibah. (an/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *