Opini  

Perkembangan Media Pembelajaran Modern di Era Globalisasi

Livia Sugiastutih

Oleh : >Livia Sugiastutih *)

MEDIA pembelajaran modern dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada para peserta didik, agar peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, serta perubahan sifat yang positif di dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran modern adalah merujuk pada pemanfaatan media eletronik, seperti computer, LCD, internet, dan lain-lain.

Pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang sangat pesat, termasuk di bidang pendidikan dalam penggunaan media pembelajaran. Pada masa pandemi Covid-19 ini juga telah banyak merubah strategi belajar baik guru maupun peserta didiknya. Ketika peserta didik dan guru tidak dapat bertatap muka secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, maka guru mendapatkan tantangan untuk meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan teknologi demi memenuhi target mengajar dan feedback dari para peserta didiknya.

Ada berbagai cara bagi guru untuk menunjukkan kreativitas dan keterampilannya, di antaranya adalah metode pengajaran. Guru yang kreatif dan terampil akan menggunakan model, metode, dan fasilitas pengajaran yang berbeda dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Dalam media pendidikan, guru yang kreatif dan terampil akan mengembangkan media atau alat yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan. Maka kita sebagai calon pendidik yang kreatif dan terampil mulai dari sekarang belajar cara membuat media pembelajaran.

Contoh penerapannya yaitu menggunakan media YouTube. YouTube merupakan satu dari banyaknya situs jenjang sosial yang sedang banyak digunakan untuk media pembelajaran saat ini. Dimasukkanya YouTube ke dalam bidang pendidikan yaitu dengan cara yang mudah dan user-friendly untuk meningkatkan keterampilan kerjasama dan mengintegrasikan teknologi ke dalam kegiatan belajar mengajar.

Teknologi pembelajaran menggunakan web atau media sosial seperti YouTube telah di kenal lama di negara besar dunia, terutama Amerika. YouTube merupakan metode pembelajaran yang sangat praktis dan mudah dipahami namun dalam pencarian literatur saat ini tidak menjadikan informasi yang ditemukan di YouTube sebagai referensi. Dikarenakan YouTube hanya merupakan strategi mengajar dalam pendidikan, dimana media YouTube ini menyajikan gambaran dan aplikasi sebagai alat pembelajaran yang efektif.

Pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran membuat guru dapat menciptakan kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan interaktif. Ketika melaksanakan pembelajaran tatap muka di kelaspun video pembelajaran di YouTube juga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran interaktif.

*) Penulis adalah mahasiswi Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang, NIM: 202110430311111

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.