Perlu Anda Ketahui, Ini Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Buah kelengkeng.

SEMUA orang pasti tahu buah kelengkeng. Namun, bagaimana manfaat yang terkandung pada buah ini?, tentu tidak semua orang mengetahuinya.

Manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tidaklah sedikit. Berkat kandungan nutrisinya, buah kecil dengan rasa manis ini, dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh hingga meredakan peradangan.

Kelengkeng bernama latin Dimocarpus longan Lour adalah jenis buah yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis Asia. Buah ini banyak ditemukan di Tiongkok, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Oleh masyarakat Indonesia, buah kelengkeng umumnya dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk olahan sup buah dan buah kalengan.

Manfaat Buah Kelengkeng

Dalam seporsi buah kelengkeng (sekitar 50 – 100 gram) terkandung sekitar 150 – 250 kalori. Buah yang kaya akan antioksidan polifenol dan flvonoid ini juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti; Serat, Air, Protein atau asam amino, Mineral, termasuk kalsium, zat besi, fosfor, tembaga, dan kalium, juga Vitamin, seperti vitamin B dan vitamin C.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah kelengkeng tentu akan menguntungkan bagi kesehatan Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kelengkeng yang perlu Anda ketahui :

1. Menjaga berat badan

Kalori adalah salah satu faktor yang menentukan berat badan. Jika anda memiliki berat badan berlebih dan ingin mencapai berat badan ideal, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung tinggi kalori, misalnya nasi putih, kue, es krim, dan fast food.

Sebagai gantinya, buah kelengkeng bisa anda jadikan sebagai bagian dari menu diet kamu. Sebab buah ini tidak mengandung banyak kalori. Di dalam 100 gram buah kelengkeng, hanya terdapat sekitar 200 kalori.

Selain itu, kandungan serat dalam kelengkeng juga bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa mencegah kamu untuk ngemil dan membantu menjaga berat badanmu.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah kelengkeng baik untuk menjaga daya tahan tubuh berkat kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Kedua jenis nutrisi ini, berperan dalam membuat sel darah putih bekerja lebih baik, serta membantu meringankan peradangan.

Ketika sel darah putih bekerja dengan baik, maka tubuh pun dapat melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah jatuh sakit.

Sumber: Alodokter

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *