Proyek Plengsengan Siluman di Sengon Jombang, Diduga “Salah Lokasi”

  • Whatsapp
Proyek plengsengan tanpa papan nama di Dusun Ngesong, Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

JOMBANG, TelisikPos.com – Selain tidak dipasang papan nama hingga saat ini, proyek plengsengan di Dusun Ngesong, Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang, diduga “salah lokasi”. Pasalnya, proyek ini disebut menggunakan Dana Desa (DD). Sementara lokasi pekerjaan tersebut bukanlah lahan milik desa.

Menggunakan anggaran dari DD setempat, seperti diungkapkan Muhlisin, Ketua RT setempat. Dikatakannya, dirinya sempat menanyakan asal muasal dana saat hendak dimulai pekerjaan pembangunan plengsengan tersebut.

“Saat itu, ada petugas saya tanya, ini (proyek plengsengan) menggunakan dana apa? dijawab, dana desa,” katanya, di kediamannya, Selasa (27/8/2019) siang.

Dirinya mengaku, tidak bertanya secara rinci kepada petugas yang dimaksud, terkait nilai dan volume proyek plengsengan tersebut. Ia juga mengaku, sudah merasa senang jika pinggiran sungai itu dibangun.

“Ya saya tanya begitu saja. Karena saya sudah senang jika dibangun,” ujarnya.

Dirinya menceritakan, plengsengan tersebut sempat dia ajukan kepada Pemkab tahun 2011 silam. Namun, sekian lama belum juga direspon.

“Bahkan, saya juga pernah bilang ke orang-orang yang dekat dengan Pemkab, tapi juga belum direspon. Nah, beberapa waktu ini, saya diberitahu kalau plengsengan itu akan dibangun,” pungkasnya.

Sementara itu, beberapa pekerja di lokasi, mengaku tak mengetahui sumber dana dan volume proyek yang sedang dikerjakannya itu.

“Kami ini cuma kuli, nggak tahu. Tukangnya juga lagi keluar,” aku seorang pekerja, saat istirahat.

Sayangnya, Pj Kepala Desa (Kades) Sengon, saat dikonfirmasi terkait hal ini, tidak berada di tempat. “Pak Kades sedang ada kegiatan di luar kota. Di Madiun,” kata salah satu perangkat desa setempat.

Pantauan TelisikPos.com di lokasi, terlihat pembangunan plengsengan yang pekerjaannya masih berlangsung di sisi barat. Sementara sisi timur sudah rampung. Di sekitar lokasi, tepatnya di samping jalan lingkungan, terdapat tumpukan material diantaranya tanah, pasir, batu dan 1 alat molen cor. (rud/tp)

Baca sebelumnya: Terkesan Siluman, Proyek Plengsengan di Sengon Jombang Tanpa Papan Nama

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *