Rampung Dikerjakan Akhir 2019, Tembok Penahan Tanah di Tambakrejo Jombang Ambrol

  • Whatsapp
Kondisi TPT di Desa Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, yang ambrol.

JOMBANG, TelisikPos.com – Tembok penahan tanah (TPT) sungai Jalan KH Abdul Wahab Hasbullah atau utara SPBU Desa Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, roboh, Senin (6/7/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Namun, kondisi TPT tidak patah lantaran terbuat dari beton cor.

Belum diketahui penyebab pasti robohnya TPT sepanjang sekitar 40 meter dan tinggi 4 meteran ini. Hanya saja, saat itu kawasan Kabupaten Jombang diguyur hujan deras sekitar pukul 13.30 hingga 15.00 WIB, namun kondisi debit air sungai tidak banyak.

Bacaan Lainnya

Karuan saja, tembok penahan tanah di tepi sungai yang tak lagi berdiri itu, menjadi tontonan warga dan pengguna jalan yang melintas.

Seorang warga sekitar, Slamet mengatakan, tembok penahan tanah tersebut roboh diduga akibat tergerus air hujan, lantaran pondasi TPT tidak dalam. Dan lagi, ujar Slamet, pada pondasi tidak ada lubang yang berfungsi sebagai jalan air.

“Saya baru buka toko, dan TPT sudah roboh. Mungkin karena pondasinya kurang dalam. Juga nggak ada lubang untuk jalan air. Kalau ada, kan nggak sampai ambrol,” katanya.

Menurutnya, tembok penahan tanah tersebut baru rampung dikerjakan pada akhir Desember 2019, atau berusia sekitar 6 bulan. “TPT ini proyek baru. Selesai dikerjakan akhir tahun 2019. Sekarang sudah ambrol,” sambungnya.

Hingga berita ini diunggah, belum diketahui siapa pelaksana proyek TPT tersebut. Namun, dari beberapa informasi yang dihimpun, proyek ini merupakan pekerjaan langsung (PL) bersumber dari APBD Jombang 2019.

Hanya saja, informasi terakhir ini belum tervalidasi. Hingga kini, TelisikPos.com masih berusaha mengonfirmasi pihak terkait. (an/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *