Reformasi Pancasila

  • Whatsapp

Judul Buku : Pendidikan Pancasila
Penulis :M. Taufik, S.H. , Diyan Isnaeni, S.H. , M.H. , Dr. Mayiyadi, S.H. , M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub cikusin, S.H., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh, Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M. Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M,P.
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Jumlah halaman : 382
Peresensi : Adista Sofirin
Npm : 21901091023
Universitas : Universitas Islam Malang

Buku berjudul “Pendidikan Pancasila” karya Hayat dan H Suratman ini menjelaskan tentang perkembangan pancasila mulai dari lintasan sejarah hingga mencapai pada teknologi saat ini, yang dijelaskan dalam 11 bab pada buku ini.

Bacaan Lainnya

Bab 1 membahas tentang “Pancasila Dalam Lintasan Sejarah” pada bab ini kita dapat mengetahui perkembangan pancasila pada zaman kerajaan mulai dari kerajaan kutai, kerajaan sriwijaya, kerajaan majapahit. Juga masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga berada dalam masa kebangkitan yang menjadi lahirnya semangat nasionalisme dan membawa pada masa pasca kemerdekaan.

Bab 2 membahas tentang “Pengertian Pancasila dan Perkembangannya” di bab ini dijelaskan apa itu pancasila pentingnya pancasila didalam kehidupan berbangsa dn bernegara. Dalam hal ini pancasila dipergunakan sebagai dasar untuk mengatur kehidupan warga negara Indonesia. Pancasila mengatur seluruh komponen yang terdapat di negara Indonesia.

Bab 3 membahas tentang “Pancasila Sebagai Ideologi Negara” kita tahu bahwa pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia pada bab ini kita dapat mengetahui berbagai macam ideologi, perbandingan ideologi, dan hubungan antara ideologi dengan pancasila.

Bab 4 membahas tentang “Pancasila Sebagai Sistem Filsafat” bab ini menjeaskan pengertian filsafat, manfaat filsafat dan landasan-landasan yang terdapat pada filsafat pancasila.

Bab 5 membahas tentang “Pancasila Sebagai Etika Politik” dalam bab ini ditinjau umum mulai dari nilai, norma, dan moral. Kita dapat memahami tentang etika dan politik dari berbagai macam teori dan prinsip. Juga mengatur norma-norma kehidupan beragama dan berbangsa .

Bab 6 membahas tentang “Hubungan Agama Dan Pancasila” pada bab ini dijelaskan mulai dari sejarah perkembangan agama di Indonesia pada masa sebelum penjajahan hingga hubungan antara agama dan pancasila yang dirumuskan dalam 3 paradigma yang semua itu mengatur berjalannya kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

Bab 7 membahas tentang “Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Bermasyarakat Bebangsa dan Bernegara” di bab ini lebih dijelaskan lagi hubungan antara paradigma dengan kehidupan di masyarakat .

Bab 8 membahas tentang “Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara” pada bab ini dijelaskan pengertian nilai, tingkatan-tingkatan yang terdapat pada nilai, penjabaran tentang nilai hingga asal usul nilai pancasila.

Bab 9 membahas tentang “Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia” dijelaskan di bab ini hubungan anata pancasila dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan menjelaskan tentang sistem ketatanegaraan berdasarkan UUD 1945.

Bab 10 membahas tentang “Sistem Pemerintahan” Indonesia dengan ideologi pancasila yang menganut sistem pemertintahan yang demokratis yang bertujuan untuk masyarakat bebas bisa menyampaikan pendapatnya.

Bab 11 membahas tentang “Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi” pada bab terakhir ini dijelaskan bahwa pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat berkembang pesat di zaman sekarang dan membawa kehidupan manusia lebih maju.

Kelebihan dan kekurangan :

Kelebihan pada buku ini adalah menjadikan mahasiswa maupun orang yang membaca buku ini lebih mudah dan bisa memahami tentang sejarah pancasila mulai dari dulu hingga pada saat ini yang sudah berkembang pesat karena adanya IPTEK yang semakin canggih. Disamping itu buku ini juga menjelaskan berbagai aspek tentang pancasila yang diringkas dalam perspektif yang baik juga dalam bahasa dan istilah yang cukup mudah dimengerti untuk pembacanya.

Sementara kekurangan pada buku ini ada pada penjelasan yang masih bertele-tele dan untuk memahaminya tidak bisa membaca hanya satu kali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *