Ringkus Tiga Orang di Gresik, Polisi Amankan 13 Satwa Langka

  • Whatsapp
Polisi merilis tersangka dan barang bukti satwa langka di Polres Gresik.

GRESIK, TelisikPos.com – Sebanyak 13 satwa langka, diantaranya lima ekor burung Merak Hijau, enam ekor Takur Api dan dua ekor Tangkar Uli, diamankan petugas Satreskrim Polres Gresik, Jawa Timur.

Lima ekor burung Merak Hijau itu diamankan dari seorang pelaku bernama Dani Agus Saputra (31).

Bacaan Lainnya

Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, tersangka memiliki lima ekor merak hijau yang disimpanya sejak masih telur. Selanjutnya, telur tersebut ditetaskan sendiri menggunakan alat penetas ayam selama 27 hari hingga dewasa.

“Kemudian disimpan di dalam kandang di rumah mertuanya Slamet di Golokan, Sidayu. Satu burung merak hijau itu harganya Rp 25 juta rupiah,” katanya, Selasa (8/10/2019).

Sedangkan enam ekor Takur Api dan dua ekor Tangkar Uli diamankan dari sebuah mobil pikap yang dibawa oleh Heru dan Ferdi. Kedua orang ini diminta oleh seorang berinisial D yang kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Pria berinisial D, menyuruh pegawainya Heru dan Ferdi untuk mengirim satwa langka dari Sumatera menuju Menganti, Gresik.

Burung langka itu ditaruh di dalam kandang burung yang memang diperjualbelikan untuk mengelabuhi petugas menggunakan mobil pikap.

Petugas langsung menggerebek lokasi penyimpanan burung langka di Menganti dan mengamankan enam ekor Takur Api seharga Rp 1 juta, serta dua ekor Tangkar Uli seharga Rp 1,5 juta yang diperjualbelikan di pinggir jalan.

“Kita jerat dengan pasal 40 ayat 2 Jo pasal 21 ayat 2 huruf a UU RI No. 5 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pelaku terancam paling lama lima tahun penjara dan denda paling banyak Rp 100 juta,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *