Sampah Dibuang di Pinggir Jalan, Masih Terjadi di Jombang

  • Whatsapp
Kondisi sampah menumpuk dan berserakan di selatan pertigaan jalan perbatasan Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto dengan Desa Ngudirejo Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

JOMBANG, TelisikPos.com – Sampah bertumpuk dan berserakan di pinggir jalan, masih saja terjadi di wilayah Kabupaten Jombang. Ini seperti tampak di selatan pertigaan jalan perbatasan Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto dengan Desa Ngudirejo Kecamatan Diwek.

Pantauan di lokasi, Jumat (22/5/2020), meski tertancap dua banner larangan membuang sampah di sebelah timur dan barat jalan, sampah masih saja dibuang di lokasi tersebut. Diketahui, pada papan banner tersebut, terdapat label bertulis Pemdes Sumbermulyo.

Bacaan Lainnya

Mayoritas, sampah tersebut hasil rumah tangga. Juga ada sisa penggergajian kayu yang sebagiannya terbakar. Dan sisa pecahan bohlam neon yang bisa saja melukai siapa saja yang kebetulan di sana tanpa menggunakan alas kaki.

Bahkan, beberapa sampah juga meluber ke jalan berhotmix tersebut akibat tertiup angin. Selain itu, kondisi pinggir jalan yang becek, akibat sisa-sisa guyuran hujan, membuat lingkungan ini tak sedap dipandang mata. Lebih lagi, bau anyir menyengat hidung bila siapa pun melintas.

Salah satu pengguna jalan, Hariyanto menyayangkan prilaku membuang sampah sembarangan masih saja terjadi, lebih lagi dibuang di pinggir jalan raya. Menurutnya, di lokasi ini belum lama menjadi titik pembuangan sampah.

Sebelumnya, lanjutnya, di sebelah timur lokasi ini atau di pinggir jalan jurusan SMPN 3 Jombang – Desa Sumbermulyo bagian selatan ini, juga pernah menjadi lokasi pembuangan sampah. “Tapi di lokasi itu sekarang sudah bersih. Nah, kok malah pindah ke sini,” katanya saat berbicang dengan TelisikPos.com, Jumat (22/5/2020).

Dirinya menilai, prilaku membuang sampah sembarangan bisa disebabkan tidak tersedianya tempat pembuangan sementara (TPS) di sekitar lokasi. “Kalau dilihat sih, memang nggak ada TPS di sekitar sini,” katanya.

Ia berharap, sampah yang berserakan di lokasi tersebut segera dibersihkan. Agar, kebiasaan warga membuang sampah sembarangan bisa diminimalisir. Lebih-lebih, katanya, di saat pandemi Corona yang mengharuskan bukan saja menjaga kebersihan tubuh, namun juga lingkungan.

“Pemdes setempat kan bisa berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Jombang. Atau bisa dilakukan Pemdes sendiri. Entah dengan pembangunan TPS atau diadakan pasukan kuning di tingkat desa,” ujarnya.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah, wartawan ini masih berusaha melakukan konfirmasi ke pihak Pemdes Sumbermulyo, terkait hal ini. (ans/tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *