Virus Corona Kerek Produksi Masker di Jawa Timur

  • Whatsapp
Produksi masker yang meningkat tajam di PT Kasa Husada Wira Jatim.

SURABAYA, TelisikPos.com – Pasar penutup mulut dan hidung atau lebih dikenal dengan sebutan masker, belakangan ini meningkat dibanding permintaan saat kondisi normal.

Kecenderungan naiknya permintaan masker ini diakui penyedia sarana medis milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, PT Kasa Husada Wira Jatim, Surabaya. Pabrikan peralatan pendukung medis berstatus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut menyatakan, saat ini mampu memproduksi 50 ribu masker/hari.

Indikator naiknya permintaan hingga mencapai 25 kardus dalam sehari tersebut lebih dikarenakan isu virus Corona asal Wuhan, Tiongkok yang merebak kencang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

“Resminya memang belum ada, tapi kami banyak menerima permintaan masker secara lisan dari berbagai pihak, baik dalam negeri maupun dari sejumlah negara di luar negeri,” tutur Broto Susetyo, Manager Umum and Purchasing PT Kasa Husada Wira Jatim dalam keterangannya, Kamis (30/1/2020).

Meski sebatas lisan, namun Broto tetap mempersiapkan stok lebih dengan menambah kapasitas produksi masker dalam jumlah besar untuk persediaan. Dengan harapan, produsen masker di Jalan Kalimas Barat Surabaya ini mampu memenuhi permintaan pasar yang meningkat tajam.

“Kami mencoba tetap mempersiapkan lini bisnis ini untuk bisa mensuplai kebutuhan, terutama masker, sekaligus mengantisipasi tingginya permintaan di tengah mewabahnya virus Corona,” kata Broto sambil menunjukkan proses produksi masker.

Ia mengatakan, perusahaan yang mempekerjakan sekitar 130 orang itu tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung upaya antisipasi sebaran wabah yang bermula dari negeri Tirai Bambu tersebut.

Menurutnya, isu dunia yang turut membawa cemas di dalam negeri ini memaksa kesiapan PT Kasa Husada ikut ambil bagian dalam misi kemanusiaan. “Rasa kepedulian terhadap kondisi saat ini sudah sepatutnya kami tunjukkan sebagai rasa kemanusiaan kepada sesama,” tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *